Langsung ke konten utama

Tugas 1 pengertian linguistik menurut para ahli

Nama : Zulwahdini
Kelas : SASINDO A
Mata Kuliah : Pengantar ilmu linguistik
Dosen : Dr. Mahmudah, M. Hum

Pengertian Linguistik



Bahasa adalah satu-satunya alat komunikasi terbaik yang hanya dimiliki manusia. Maka orang yang profesinya berkenaan dengan bahasa perlu mempelajari  dan memiliki pengetahuan tentang linguistik, karena linguistik akan memberi pemahaman kepada kita mengenai hakikat dan seluk beluk bahasa. Beberapa istilah awal yang harus dketahui :
  • Linguistik adalah ilmu tentang bahasa. Dan objek kajiannya adalah bahasa.
  • Lingua adalah kata lain dari bahasa
  • Linguis adalah orang yang ahli dalam dalam ilmu linguistik atau Pakar linguistik. 

Definisi Linguistik Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi linguistik. Berikut ini adalah definisi linguistik dari pendapat para ahli yang telah dikemukakan:
  1. Menurut Bloomfield (1933: 20 – 34), definisi dari linguistik yaitu sains (science), seperti halnya ilmu fisika dan ilmu kimia adalah bagian dari sains (science).
  2. Menurut Comsky, definisi dari linguistik yaitu suatu generatif yang sifatnya adalah mentalistik hal ini dikarenakan tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan hakekat kompetensi (competence) dan bukan menjelaskan hakekat kinerja (performance).
  3. Menurut Hjlemslev, definisi dari linguistik adalah suatu contoh metasemiotika (telaah tentang bahasa yang juga adalah bahasa itu sendiri).
  4. Menurut Benveniste, definisi linguistik yaitu suatu perbedaan antara dimensi-simensi semantik dan semiotik pada suatu bahasa.
  5. Menurut Newmark, definisi lingusitik yaitu suatu ide dasar yang ada di dalam suatu teks yang bersangkutan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa makna ini tidak berbeda jauh dari serangkaian makna leksikal.
  6. Menurut Martinet (1987: 19), definis linguistik yaitu suatu ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.
  7. Menurut Matthews, definisi dari linguistik adalah suatu studi ilmiah atau ilmu bahasa yang mempelajari tentang bahasa.
  8. Menurut Harimuti Kridalaksana, linguistik didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tata bahasa.
  9. Menurut Dubois, Jean, definisi dari linguistik yaitu suatu kajian ilmiah tentang bahasa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penamaan bunyi bedasarkan daerah artikulasi

Kalimat : Ibu Mahmudah adalah dosen fonologi saya.  A. Penggolongan bunyi vokalnya dari kalimat "ibu Mahmuda adalah dosen fonologi saya" 1. Pembentukan vokal berdasarkan posisi bibir yaitu : a). Vokal bulat,  vokal yang diucapkan dengan bentuk gambar bulat. contoh dosen dan fonologi b). Vokal tak bulat, yakni vokal yang diucapkan dengan bentuk bibir tak bulat atau terbentang lebar. contoh adalah 2. Pembentukan vokal berdasarkan tinggi rendahnya lidah a). Vokal tinggi atau atas yang dibentuk apabila rahang bawah  merapat ke rahang atas. contoh Mahmudah b). Vokal Madya atau Tengah yang dibentuk apabila rahang bawah menjauh sedikit dari rahang atas.  contoh dosen c) . Vokal rendah atau bawah yang dibentuk apabila rahang bawah diundur kan lagi sejauh-jauhnya. contoh saya 3. Pembentukan vokal berdasarkan maju mundurnya lidah a).  vokal depan,  yakni vokal yang dihasilkan oleh gerakan turun naiknya lidah bawah. contoh adalah b). Vokal Tengah, yakni vokal yang dihasilkan

tugas 5 fonologi prosedur analisis fonem

Nama : Zulwahdini Kelas : SASINDO A Dosen : Dr. Mahmudah, M.Hum PROSEDUR ANALISIS FONEM pertama,  Mencatat korpus pada data setepat mungkin dalam transkripsi fonetis  misalnya, dari korpus data bahasa indonesia, diperoleh transkripsi fonetis, sebagai berikut 1. (# me + nyi +sip+kan# )          'menyisipkan'        2. (#na+ma#)                                       'nama' 3. (#ka+mar# )                                    'kamar'              4.(#man+di#)                                      'mandi' 5. (#su+na+tan#)                              'sunatan'            6. (#tu+tu+ran#)                                'tuturan' 7. (#ho+mo+nim#)                         'homonim'              8. (#po+si+si#)                                   'posisi' 9. (#ko+de#)                                        'kode'            10. (#pa+su+kan#)                           'pasukan' kedua, menca

tugas fonologi 6 klasifikasi,distribusi, realisasi fonem bahasa indonesia

Nama : Zulwahdini Kelas : SASINDO A Nim : 1951141008 Dosen : Dr. Mahmudah, M. Hum Realisasi Fonem Bahasa Indonesia dalam Vokal Konsonan "F" No Fonem Alofon Keterangan Korpus Data 9 / f / [ f ] Jika sebagai onset dan koda dari unsur serapan [#fak+tor#] [#ali+if#]